Masih ingatkah Anda dengan lorong bawah tanah lawang sewu?

Lorong ini terus melahirkan kisah-kisah misteri, terutama sejak diadakannya uji nyali oleh salah satu televisi swasta. Kita semua bisa melihat sosok yang tiba-tiba muncul di tengah pintu. Juga kita bisa mendengarkan bagaimana sosok tersebut menirukan suara peserta uji nyali dengan lantang dan menyeramkan.

Konon katanya, lorong bawah tanah ini dulu dibuat sebagai saluran air oleh bangsa Belanda. Fungsinya untuk menjaga suhu bangunan Lawang Sewu yang dulu difungsikan sebagai kantor operasional kereta api.

Lawang Sewu
Lawang Sewu

Namun pada masa penjajahan Jepang, lorong bawah tanah ini kemudian dialih-fungsikan sebagai penjara bawah tanah. Cukup menyiksa pula, karena ruangan ini sangatlah sempit dan lembab. Tentu jika tahanannya semakin banyak, maka ruang tahanan ini menyimpan lebih banyak penderitaan.

Walau demikian beberapa peneliti lebih meyakini bahwa tempat ini dulunya difungsikan sebagai gudang, daripada sebagai saluran air ataupun tempat tahanan.

Entah lorong ini berfungsi sebagai apa di masa silam. Tetap saja, lorong ini menjadi salah satu kekuatan misteri bagi ikon lawang sewu. Kita pun tak dapat memungkiri berbagai macam bukti yang terekam, baik oleh video maupun foto. Kita semua tahu sosok kuntilanak yang populer di kalangan pemburu misteri.

Sayangnya, pada 2014 lorong ini tidak lagi dibuka untuk umum. Tidak ada lagi yang bisa masuk ke dalamnya untuk merasakan suasana mistis. Atau jika beruntung, bertemu dengan penunggu lorong tersebut.

Tinggalkan pesan

Masukkan komentarmu!
Masukkan nama di sini

eighteen + one =