6 Foto dengan Fakta Mencengangkan (Part 1)

Di Balik Meja Bar

Momen rasis selalu mencoreng sejarah. Terutama pada tahun 60-an. Pada foto ini, kita bisa melihat momen memalukan yang terjadi pada 28 Mei 1963. Momen ini ditangkap oleh seorang fotografer Harian Jackson bernama Fred Blackwell.

Dari kiri ke kanan, kita bisa melihat satu per satu: John Salter, dosen sosiologi dan kedua mahasiswinya Joan Trumpauer dan Anne Moody.

Yang menjadi permasalahan adalah, mereka bertiga duduk di bilik khusus orang kulit putih di Woolworth’s five-and-dime. Mereka bertiga ini adalah tokoh gerakan kesetaraan di Missisipi yang berasal dari kampus Tougaloo, sebuah kampus khusus orang kulit hitam.

Saat mereka mencoba untuk duduk di sana, mereka langsung dihina oleh segerombolan oknum pemuda kulit putih yang marah dengan apa yang mereka lakukan sebagai aktivis. Ketiganya dikucuri oleh saus, mustard, dan gula.

Baca juga:

Tragedi di Laut

Pada sebuah pagi di musim semi 1954, seorang fotografer Los Angeles Times, John Gaunt, sedang beada di halaman depan vila pantainya. Ketenangannya terusik ketika ia mendengar tetangganya berteriak, “Sesuatu terjadi di pantai!”. John langsung mengambil kameranya dan bergegas menuju pantai. Ketika ia sampai, ia melihat pasangan suami istri yang saling mencengkeram.

Usut punya usut, putra mereka yang baru berusia 19 bulan yang tadinya sedang bermain-main di halaman, rupanya bermain hingga tepi pantai. Hingga akhirnya terseret oleh ombak dan menghilang di tengah laut. Foto yang menyayat hati ini akhirnya tampil di halaman depan Los Angeles Times dan mendapatkan penghargaan Pulitzer.

Terima kasih sudah menonton #kamisteri episode kali ini. Kalau kamu punya kumpulan foto dengan fakta mencengangkan lainnya, silahkan share di kolom komentar! Sampai jumpa!

Latest articles

Related articles

Leave a reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!