Home Edukasi Terungkap! Cara untuk Menulis Artikel Bagus dengan Mudah: Kisah Cacing Besar Alaska

Terungkap! Cara untuk Menulis Artikel Bagus dengan Mudah: Kisah Cacing Besar Alaska

0
SHARE
Terungkap! Cara untuk Menulis Artikel Bagus dengan Mudah Kisah Cacing Besar Alaska
Terungkap! Cara untuk Menulis Artikel Bagus dengan Mudah Kisah Cacing Besar Alaska

Ingat episode dimana cacing raksasa Alaska akan menyerang Bikini Bottom dalam Spongebob? Di situ ada upaya brainstorming dari warga Bikini Bottom untuk selamat dari serangan cacing pink raksasa Alaska. Awalnya mereka panik. Namun kepanikan itu dipecahkan oleh usul Patrick, “Kita dorong dan pindahkan Bikini Bottom bersama-sama ke bawah jurang.” Semua lalu diam dan adegan diganti Shandy yang menawarkan jasa menyingkirkan cacing pink raksasa Alaska. Lalu Shandy dan Spongebob bertualang mencari cacing pink raksasa Alaska itu. Lalu ternyata mereka menangkap lidahnya saja. Lalu terjadi rodeo cacing pink raksasa Alaska. Lalu cacing itu akhirnya bisa diarahkan ke jurang. (Kenapa jadi cerita semuanya ya?)

Endingnya, cacing pink raksasa Alaska itu berhasil jatuh ke jurang, yang ternyata di bawahnya warga Bikini Botom baru saja sampai memindahkan Bikini Bottom ke situ. Dan akhirnya ditimpa lah mereka.

Tidak Ada Ide yang Unik Yang Ada Ide Mana yang Terwujud dengan Cepat
Tidak Ada Ide yang Unik Yang Ada Ide Mana yang Terwujud dengan Cepat

Yang ingin disampaikan di sini adalah: suatu saat, apapun ide gilamu, ketika itu sudah terlontar, pasti ada saja yang akan mewujudkannya. Seriously. Terlepas dari itu akan membawa dampak baik atau nggak. However, ide selalu bagaikan pedang bermata dua. Di kiri dan di kanan. Bukan. Semua sisinya sama-sama tajam, baik itu baik (?) atau buruk.

Sekarang kembali ke esensi brainstorming pada materi tulisan. Ketika kita mampu menghargai setiap ide kita, dengan pengetahuan kita dari pengalaman dan membaca, kita bisa semakin kaya dalam mengembangkan tulisan. Apapun itu. Mungkin banyak orang yang tidak mengerti awalnya akan mengatakan, idemu bodoh, ini tidak menarik, ini tidak mungkin, ini bagus tapi.., ini jelek. Hal itu akan dialami semua orang yang memiliki inovasi. Bagaimanapun, apa yang orang katakan itu apa adanya. Di sisi lain kita tidak bisa menganggap ide itu buruk. Karena apa? Karena ide itu berkembang melalui pengalaman. Semakin banyak pengalaman, semakin banyak kita bisa mengembangkan ide kita.

Ambil contoh sistem operasi berbasis android. Berapa banyak orang yang awalnya menganggap itu ide yang buruk dan belum tentu menjadi trend? Nyatanya, akhirnya android menjadi sistem operasi sejuta umat. Apakah android langsung jadi bagus? Tidak. Android terus melakukan pembaharuan hingga saat ini. Detik ini. Sekalipun, mereka sudah mulai merilis Android Nougat. Orang penuh inovasi percaya, ide tetap butuh pembaharuan setiap saat. Dan pembaharuan itu muncul seiring bertambahnya pengalaman di setiap waktu.

 

Selalu Percayai Idemu Jangan Pernah Menyerah untuk Mengevaluasinya agar Lebih Baik
Selalu Percayai Idemu Jangan Pernah Menyerah untuk Mengevaluasinya agar Lebih Baik

Bagaimana pembaharuan itu didapatkan? Dengan catatan dan evaluasi. Bukan berarti karena kita tidak menganggap tidak ada ide yang buruk lalu kemudian semua ide tidak butuh dievaluasi. Tetap butuh. Ada hal-hal di luar kemampuan kita yang mengharuskan ide terlaksana sesuai dengan situasi dan kondisi, seperti lingkungan, gaya hidup, tradisi, dsb. Catatan-catatan dari pengalaman sebelumnya sangat membantu dalam proses pengembangan ide. Evaluasi terhadap ide yang pernah muncul berguna untuk menciptakan ide yang lebih baik lagi.

Di dalam penulisan, pengalaman hidup sangat mempengaruhi gaya tulisan dan materi apa yang akan ditulis. Catat setiap ide yang muncul. Simpan itu sampai dapat dituliskan. Keep it for your own secret. Setelah dituliskan, silahkan bagikan itu. Jangan pernah khawatir akan adanya plagiat. Ide yang bagus pasti akan ada kompetitornya. Tapi ingat, sebagai penulis kamu semestinya masih punya ide lain yang lebih baik. Dan seorang plagiator akan tetap menjadi plagiator seumur hidupnya. Lakukan evaluasi terhadap semua tulisanmu. Jangan patah semangat jika menerima kritik. Pikirkan saja tulisan apa yang baik.

Jadi, mulailah dari sekarang. Make it happen, make it better!

Masih ingin melihat 5 tips menemukan ide gila? Baca Artikel sebelumnya di Terungkap! Cara untuk Menulis Artikel Bagus dengan Mudah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here