Ini Dia Olahan Nasi di 7 Negara Selain Indonesia dan Nasi Gorengnya

    0
    BERBAGI
    Kamu Kira Hanya Indonesia yang Punya Olahan Nasi? Hasil Olahan Nasi di 7 Negara ini Nggak Kalah Bikin Ngiler lho!
    Kamu Kira Hanya Indonesia yang Punya Olahan Nasi? Hasil Olahan Nasi di 7 Negara ini Nggak Kalah Bikin Ngiler lho!

    Nasi adalah salah satu jenis makanan pokok yang ada di Indonesia. Makan tanpa nasi rasanya akan menjadi hambar. Makan nasi yang diolah, seperti dengan cara digoreng atau direbus pun di Indonesia sudah lumrah dan sudah terbukti menjadi favorit di berbagai belahan dunia. Tapi tahu nggak, ternyata nggak cuma Indonesia lho yang punya menu olahan nasi, beberapa negara lain juga punya lho yang nggak kalah bikin ngiler dari nasi goreng!

    Risotto (Italia)

    Risotto a la Italia
    Risotto a la Italia

    Risotto adalah nasi kaldu ala Italia. Kalau di-Indonesia-in itu kayaknya nasi rebus yang dimasak hingga ‘nyemek-nyemek’ (kuahnya asat tapi masih tersisa dikit sehingga terasa kental). Kaldunya biasanya dari kaldu daging, ayam, ataupun ikan. Kayaknya gampang, jadi kamu bisa bikin sendiri ini di rumah.

    Nasi Lemon (India)

    Nasi Lemon India
    Nasi Lemon India

    Nasi khas India ini sekalipun mirip dengan nasi kuning Indonesia, tapi benar-benar bercitarasa lemon lho. Semua bagian lemon digunakan, mulai dari air hingga parutan kulit (kecuali bijinya nggak dipakai). Cara memasaknya pun cukup mudah. Kamu bisa cari resepnya dan mencobanya sendiri di rumah.

    Baca juga:

    Paella (Spanyol)

    Paella Spanyol
    Paella Spanyol

    Di antara semua olahan nasi, mungkin inilah olahan nasi yang paling mahal, karena memanfaatkan banyak udang dan lobster. Selain itu, menggorengnya pun dengan minyak zaitun sehingga memiliki cita rasa yang khas. Tertarik untuk mencobanya? Mungkin kamu bisa mencobanya kalau sedang mampir ke Spanyol.

    Kheer (Asia Selatan)

    Kheer Asia Selatan
    Kheer Asia Selatan

    Kalau dibandingkan dengan makanan Indonesia, Kheer ini mungkin mirip-mirip dengan bubur sumsum atau bubur ketan manis. Bedanya Kheer benar-benar diolah dari nasi dengan campuran susu, gula, dan berbagai jenis buah-buahan kering. Jadi Kheer memiliki cita rasa yang manis.

    Baca juga:

    Pilaf (Turki)

    Pilaf Turki
    Pilaf Turki

    Pilaf ini dimasak dengan kuah kaldu sampai kering. Kaldunya pun tergantung pada musim. Dipadukan dengan berbagai macam sayuran, seperti wortel, tomat, dll. Cara memasaknya cukup mudah karena tidak perlu terlalu banyak rerempah.

    Katsudon (Jepang)

    Katsudon Jepang
    Katsudon Jepang

    Di Indonesia sudah populer banget nih dengan versi ayam. Biasanya kalau di Jepang dengan irisan daging babi. Ditambah dengan balutan saus telur dan sayuran dan rerempahan, katsudon memiliki rasa yang lumayan unik untuk penggemar masakan Indonesia.

    Biryani (Timur Tengah)

    Biryani
    Biryani

    Biryani adalah olahan nasi panjang khas timur tengah. Ini nih yang membedakan Biryani dengan nasi olahan lainnya, yaitu nasi panjangnya. Sekilas kalau dilihat seperti mihun, tapi sebenarnya itu nasi. Rerempahan yang digunakan kurang lebih sama dengan nasi goreng Indonesia. Bisa dimasak dengan berbagai macam daging, tapi yang unik juga biasa disajikan dengan daging unta.

    Menggoda banget ya? Tertarik untuk mencobanya? Coba deh masak sendiri. Kalau gagal, kamu bisa langsung ke asal makanan khasnya untuk mencicipi cita rasanya langsung! Hehehehe.. Selamat mencoba!

    Baca juga:

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here