Terungkap! Cara Menulis Artikel Bagus dengan Mudah
Terungkap! Cara Menulis Artikel Bagus dengan Mudah

Kamu pasti tahu, banyak orang bingung dengan cara menulis artikel. Kebanyakan menganggapnya susah.

Mau tahu itu sungguhan susah apa nggak?

Jawabannya: Iya. Kalau kamu nggak pernah membaca.

Berarti kalau aku sering membaca semestinya gampang nulis dong?

Yuppp…

Tapi kenapa menulis tetap susah buat aku?

Jawabannya simpel: itu tergantung seberapa besar penghargaanmu untuk setiap pemikiranmu.

Ingin Tahu Cara Menulis Artikel? Brainstroming: Tidak Ada Ide yang Bodoh dan Buruk

Ada banyak hal di dunia ini yang bisa menghambatmu untuk menuliskan ide-ide gila. Tapi ada banyak hal pula yang membuat ide-idemu bisa tertulis , bahkan terwujud. Salah satunya adalah dirimu sendiri. Penghargaan terhadap diri sendiri adalah hal utama untuk memulai sebuah tulisan.

Kali ini kita akan membahas tentang brainstorming. Apakah kalian merasa tulisan ini terlalu formal untuk diletakkan di blog bodoh? Ya… ini adalah salah satu proses brainstorming juga. Terus.. apa itu brainstorming?

Brainstorming Ditulis degan Menuliskan Semua Ide yang Muncul
Brainstorming Ditulis degan Menuliskan Semua Ide yang Muncul

Kita langsung saja bedah dari arti katanya: brain itu otak. Storm itu badai. Mendengar kata otak dan badai, kita pasti akan terbayang oleh sosok Syahrini. Tapi bukan itu artinya. Brainstorming berarti adalah membuat otak dipenuhi badai. Hmmm.. lebih tepatnya membuat otak penuh dengan ide dan tidak ada satu pun yang dilewatkan. Hmm.. gimana ya jelasinnya? Pokoknya brainstroming itu sebuah aktivitas yang membuatmu mengeluarkan semua ide tanpa melewatkannya satupun.

Tanpa melewatkannya satupun?

Brainstorming itu memiliki satu tujuan: mengumpulkan semua ide terbaik. Tentu saja, karena semua ide itu baik, dan masih ada banyak yang terbaik, maka dibutuhkan catatan dalam upaya brainstorming. Ada beberapa persiapan agar kamu sukses melakukan brainstorming:

Buang mindset kalau ada ide buruk dan ide bagus. Tanamkan bahwa semua ide itu baik adanya.

Semua ide itu sebenarnya adalah hal yang bagus. Terlepas dari seberapa ‘random’nya ide itu. Semuanya adalah hal spesial karena itu adalah buah pikirmu. Buah pikir adalah karya Tuhan yang paling indah!

Tulis semua ide di catatan. Apapun itu. Entah ide gila atau waras.

Bener. Ide gila bisa jadi justru ide yang tak terpikirkan untuk dijadikan bahan tulisan! Pernah ngebayangin naskah fast and furious itu awalnya gimana? Awalnya hanya khayalan seorang ‘nerd’ yang suka banget ngebayangin kalau mobil balap bisa dijadikan sebuah cerita yang action banget. Udah tahu kan seberapa gilanya seri film fast and furious? Well itu semua terjadi karena penulis skenarionya melepas segala ketidak-mungkinan yang menghalangi tujuannya.

Catat Semua Ide atau Ajak Diskusi Kawanmu untuk Ide yang Brilian
Catat Semua Ide atau Ajak Diskusi Kawanmu untuk Ide yang Brilian

Jangan pernah mencela ide. Entah itu idemu sendiri ataupun ide orang lain apabila brainstorming dilakukan bersama-sama.

Mencela ide adalah penistaan terhadap buah intelektual. Penistaan? Iya. Dengan membatasi buah pikiran, kamu sudah membangun tameng terselubung untuk membendung kreativitasmu. Mulai sekarang, coba lucuti kebiasaan mencela ide, seperti mengatakan, “Itu nggak mungkin!” atau “Ide bodoh!”, atau “Kok kamu bisa kepikiran ide aneh kayak gitu?!”

 

Sesekali akan ada ide yang melenceng dari tujuan awal. Tapi tetap catat karena setiap ide yang terlintas itu berharga.

Karena siapa tahu ide tadi mungkin tidak berguna saat ini, melainkan di lain waktu. Kan rugi ya kalau semisal tiba-tiba ada momen yang harus menggunakan ide gila kemarin, tapi ternyata kamu lupa persis apa yang kamu pikirkan di masa lampau karena tidak mencatatnya. Catat deh! Siapa tahu ide itu bisa jadi topik brilian di masa mendatang.

 

Setelah selesai, tela’ah semua ide. Padukan sesuai kreativitas. Lakukan hal yang bisa dilakukan terlebih dahulu.

Seperti menulis sebuah kalimat ‘random’ untuk merumuskan apa yang ingin kalian tulis dari berbagai ide tersebut. Semua dimulai dari langkah kecil. Bahkan sebuah tulisan bagus bisa saja berawal hanya dari keisengan menulis huruf “A”. Yang penting jangan diam saja. Tulis apa yang kamu dapat setelah semua proses di atas.

Kamu suka menulis? Pingin tulisanmu dibaca banyak orang dan mendapat banyak masukan dari kami agar makin berkualitas? Kamu bisa daftar jadi anggota BacaSajalah dengan klik link ini! Jangan lupa cek inbox/ spam box kamu dalam waktu 5 menit setelah kamu melakukan pendaftaran!

Penasaran dengan esensi brainstroming dan kisah cacing besar Alaska? Ayo baca artikel Terungkap! Cara untuk Menulis Artikel Bagus dengan Mudah: Kisah Cacing Besar Alaska

Tinggalkan pesan

Masukkan komentarmu!
Masukkan nama di sini

2 + one =