Beranda Tips Liburan Sendiri Berkualitas, Kenapa Tidak?

Liburan Sendiri Berkualitas, Kenapa Tidak?

0
BERBAGI
Liburan Sendiri Berkualitas, Kenapa Tidak?
Liburan Sendiri Berkualitas, Kenapa Tidak?

Beberapa dari kamu yang merupakan karyawan sebuah perusahaan ataupun pebisnis menginginkan liburan berkualitas untuk mengembalikan produktivitas kamu ketika bekerja di tahun yang baru nanti. Salah satu cara agar liburan berkualitas adalah dengan melakukannya seorang diri. Hanya saja, liburang seorang diri pun membutuhkan perhatian khusus pada hal-hal tertentu. Apa saja itu? Yuk simak 10 tips yang harus kamu perhatikan ketika akan melakukan perjalan wisata seorang diri.

Rancang jadwal perjalanan kamu

Perhitungkan rencana perjalananmu
Perhitungkan rencana perjalananmu

Liburan berkualitas adalah liburan yang kamu tahu ke mana kamu hendak berlibur. Yaa.. kalau kamu liburan tanpa rencana, bisa-bisa kamu malah jadi kayak orang hilang. Haduh.. mau liburan atau mau ‘mbambung’ nggak jelas nih? Hahahaha.. Siapkan rencana liburan kamu. Ke mana saja kamu mau pergi, berapa estimasi waktu yang dapat dihabiskan di satu tempat wisata, berapa lama durasi perjalanan menunju satu tempat ke tempat lainnya, sampai berapa lama kamu dapat beristirahat selama berlibur. Semua itu penting agar kamu nggak terkesan membuang-buang uang untuk suatu tempat yang tidak ingin kamu kunjungi.

Kemaslah barang bawaan sepraktis mungkin

Bawa secukupnya ajaa
Bawa secukupnya ajaa

Bila perlu jangan sampai kamu dibuat ribet dengan banyak barang. Ingat! Kamu melakukan perjalanan seorang diri. Tidak ada yang bertanggung jawab atau setidaknya bergantian mengawasi barang-barangmu. Kamu yang bertanggung jawab terhadap barang-barang yang kamu bawa. Nggak papa sih bawa barang banyak asal bisa sering transit di hitel. Tapi.. kalau liburan sendiri sih paling enak membawa baju dan tas secukupnya, apalagi kalau backpackeran. Supaya kamu dapat libur dengan tenang tanpa harus khawatir kehilangan barang.

Buatlah catatan nomor darurat yang dapat dihubungi

Catat nomor darurat yang bisa kamu hubungi
Catat nomor darurat yang bisa kamu hubungi

Tampaknya sepele. Tapi menyelipkan nomor darurat yang dapat dihubungi ketika berwisata seorang diri adalah hal yang sangat penting. Bukannya mendoakan, tapi musibah dapat menimpa siapa saja, apalagi kalau kamu berwisata ke luar negeri. Buatlah catatan/ kartu yang bertuliskan nomor darurat d tempat yang mudah ditemukan, seperti dompet ataupun kamu bisa menampilkan itu di lockscreen smartphonemu. Sehingga kalau terjadi sesuatu padamu, orang yang melihat lockscreen smartphone mu dapat mengetahui mereka harus menghubungi siapa dengan segera. Oh iya,, kalau kamu ke luar negeri, ada baiknya nomor yang dicantumkan adalah nomor KBRI.

Jangan pernah update status kalau kamu tengah berwisata sendirian

Hati-hati yaaa
Hati-hati yaaa

Hal ini akan memicu tindak kriimnalitas dari orang-orang yang memang selalu berniat buruk. Di tempat asalmu sendiri, semisal kamu tinggal sendiri, membuat para criminal jadi tahu bahwa rumah tempat tinggal/kosmu sedang kosong. Sementara di tempat kamu berwisata sendiri, dapat mengundang banyaknya penipu yang bisa mencelakai dirimu atau bahkan keluargamu dengan mengancam atau mengabarkan bahwa dirimu kecelakaan di tempat wisata dan meminta uang langsung untuk biaya perawatan. Lebih baik juga kamu mengabari kerabatmu kalau kamu sedang berwisata sendirian namun tidak ingin merepotkan sehingga memang hanya ingin melakukan perjalanan seorang diri.

Pastikan membawa gadget dan barang berharga lain dengan cara yang aman

Siapkan tas yang super duper aman
Siapkan tas yang super duper aman

Saat ini nggak mungkin kamu liburan tanpa membawa gadget satu pun. Seolah-olah gadget menjadi kebutuhan primer saat liburan. Selain itu,keberadaan gadget juga sangat penting untuk melacak kemana kamu pergi jika tersesat di suatu daerah yang asing, juga menghubungi nomor-nomor darurat yang kamu butuhkan. Oleh karena itu, kamu harus mnyimpan dan menjaganya baik-baik selama sedang bepergian. Kamu juga harus lebih waspada terhadap tempat ramai karena di situ para pencopet dapat dengan mudah beraksi. Kamu bisa menyimpan gadget kamu dengan tas anti-maling ataupun tas anti robek. Atau juga semisal kamu memiliki jaket dengan kantong dalam kamu bisa menggunakannya untuk menyimpan smartphonemu dan dompetmu.

Bawa uang secukupnya ketika bepergian

Nggak perlu sampai uangnya ditumpah-tumpahin
Nggak perlu sampai uangnya ditumpah-tumpahin

Jangan membawa uang berlebihan. Apalagi semua uang kamu letakkan dalam satu tas atau dompet. Simpanlah uangmu secara terpisah. Di brankas hotel simpanlah sebagian, di balik jaket/ mantolmu simpanlah sebagian, di dompetmu simpanlah sebagian, bahkan di sepatumu juga bisa menjadi tempat penyimpanan. Intinya adalah, uang di tempat penyimpanan lain dapat menjadi cadangan ketika kamu harus kehilangan uang tersebut. Selain itu juga meminimalisir risiko tercopet atau kerugian yang besar ketika tercopet.

Itu paling tidak 6 tips yang harus kamu perhatikan ketika berwisata sendirian. Intinya adalah, kamu harus tetap waspada sekalipun tujuan kamu liburan adalah untuk rekreasi. Jangan sampai terlena dan tetap perhitungan dengan keadaan sekitar. Selamat menikmati akhir tahun, selamat berlibuuuur!!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here