Beranda Tips Ingin Lebih Hemat Saat Berlibur? Simak Tipsnya!

Ingin Lebih Hemat Saat Berlibur? Simak Tipsnya!

0
BERBAGI
Ingin Lebih Hemat Saat Berlibur? Simak Tipsnya!
Ingin Lebih Hemat Saat Berlibur? Simak Tipsnya!

Liburan saat ini sudah menjadi trend yang tak dapat dipisahkan dari kehidupan. Orang yang jarang berlibur bisa saja dicap sebagai orang yang kurang pergaulan, kurang asyik, dan kurang mapan. Tentu saja cap ini kemudian membuat sebagian besar orang jadi malas liburan karena sudah terpaku oleh mindset bahwa liburan haruslah mahal. Tapi sebenarnya tahukah kamu kalau biaya liburan dapat lebih hemat jika kita tahu tipsnya? Apa saja? Yuk simak tips di bawah!

Lakukan survey untuk mengukur keinginan dan kemampuanmu

Kenali tujuanmu agar bisa lebih berhemat
Kenali tujuanmu agar bisa lebih berhemat

Survey melalui internet ataupun panduan wisata sangatlah penting sebelum bepergian. Jangan sampai kamu berangkat dengan sejumlah biaya lalu sampai di lokasi wisata ‘ZONK!’. Kan nggak enak banget tuh, udah ngeluarin biaya untuk pergi..ehh.. sampai di lokasi malah nggak tahu harus ngapain, atau justru kecewa karena nggak ada yang bisa kamu lakuin di sana, entah karena venuenya yang nggak cocok atau kamu terlanjur kehilangan mood karena kenyataan tidak sesuai ekspektasimu. Dengan survey kamu uga jadi tahu estimasi biaya yang dapat kamu keluarkan ketika melakukan wisata dan menyortir apa saja kebutuhan yang benar-benar diperlukan dan tidak selama perjalanan.

 

Sering-sering pantau perubahan harga tiket transportasi (pada umumnya pesawat)

Dicek rutin yaa
Dicek rutin yaa

Saat liburan, harga tiket transportasi adalah hal yang penting. Kamu jadi bisa memperkirakan berapa biaya yang harus dikeluarkan hanya untuk transportasi. Terutama pesawat, karena tiket pesawat senang berubah seenaknya sendiri. Kadang bisa sangat murah, kadang bisa juga terlalu mahal. Untuk memastikan murah-tidaknya tiket penerbangan, kamu bisa tanya-tanya terlebih dahulu kepada temanmu yang terbiasa melakukan perjalanan via penerbangan, lalu mengecek portal pemesanan tiket pesawat. Kamu juga bisa menggunakan trivago atau trip advisor untuk langsung membandingkan harga-harga tiket pesawat termurah dan memanfaatkan promo dari e-commerce untuk mendapatkan diskon.

Berliburlah saat bukan musim liburan

Biar sepi aja
Biar sepi aja

Karena pada musim liburan segala sesuatunya akan sangat mahal dan kamu juga nggak akan memiliki kesempatan untuk menikmati tempat-tempat wisata karena penuh sesak. Terutama di daerah-daerah terkenal seperti Yogya dan Bali, musim liburan bagaikan kiamat bagi orang yang mebutuhkan liburan berkualitas. Sebaiknya kamu mengambil cuti di saat sedang tidak liburan, entah akhir pekan, libur skeolah, atau long week end. Gunakan waktu-waktu itu untuk bekerja atau berisitahat dibandingkan berlibur dan mulailah berlibur ketika orang lain tidak berlibur.

 

Cek layanan gratis yang ditawarkan hotel

Jangan ragu untuk menanyakannya
Jangan ragu untuk menanyakannya

Ini juga penting, untuk membuat liburanmu lebih berwarna dan berkesan. Carilah penawaran layanan gratis yang kamu sendiri mungkin belum pernah mengalaminya, seperti penjemputan dan keliling kota gratis dari hotel, spa gratis, atau dinner gratis. Semua itu sangat berharga apabila kamu mengetahui dan memanfaatkannya ketika liburan. Selain kamu mendapat pelayanan lebih, tentu saja pelayanan-pelayanan gratis ini membuat kamu jadi merasa lebih senang.

Sewa mobil/ motor

Sewa saja agar lebih mudah
Sewa saja agar lebih mudah

Ada kalanya tempat wisata yang akan kamu kunjungi akan sulit diakses apabila tanpa rombongan parwisata ataupun susah akses kendaraan umum. Satu-satunya cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menewa mobil atau motor sendiri. Pada umumnya, penyewaan sudah menyediakan sopir yang juga berpengalaman dengan daerahnya juga sehingga sudah tahu seluk beluk dan cerita tempat wisata yang ingin dituju. Supir ini bisa merangkap sebagai guide liburan kamu. Tentu saja kamu tetap harus menghargai jasanya untuk membawamu ke tempat wisata lebih cepat dan menjadi guide bagi kamu.

Berburu oleh-oleh langsung di pasarnya

Pasar Beringharjo
Pasar Beringharjo

Ini nih cara paling irit untuk mendapatkan cendera mata dan oleh-oleh yang murah. Karena apa? Pasar tradisional pada umumnya menjualkan barang-barang dari pihak pertama (produsennya sendiri). Berbeda dengan ketika kamu berbelanja di toko souvenir, kamu akan menghabiskan uan lebih banyak. Di sisi lain, berbelanja di pasarnya langsung memiliki pengalaman sendiri yang unik lho. Dijamin kamu nggak akan nyesel kalau belanja oleh-oleh di pasar tradisional.

Yaapp.. dan itu semua tadi adalah tips yang bisa kamu lakukan untuk menghemat pengeluaranmu selama liburan. Pada umumnnya siih,, kalau tips ini diterapkan kamu bisa hemat biaya perjalanan liburan sekitar 30-40% lhoh! Nggak percayaa?? Buktikan sendiri deh!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here