Beginilah Caranya Berteman dengan Orang-orang Introvert

    0
    BERBAGI
    Beginilah Caranya Berteman dengan Orang-orang Introvert
    Beginilah Caranya Berteman dengan Orang-orang Introvert

    Kamu tipe orang yang ceria dan penuh semangat? Pasti sering banget tertantang untuk berteman dengan banyak orang kan? Ketika kamu memiliki banyak teman dan bertemu dengan orang-orang yang lebih senang kesunyian, kesendirian, dan kerap menarik diri dari keramaian, kamu pasti akan terheran-heran, kenapa orang itu berbeda. Selamat, kamu menemukan orang yang berkepribadian introvert. Tentu kamu akan penasaran kan gimana caranya supaya bisa berteman dengan introvert semacam ini? Yuk disimak!

    Puji karya atau aktivitas yang sedang ia kerjakan

    Bisa jadi kesendirian adalah gudang ide mereka
    Bisa jadi kesendirian adalah gudang ide mereka

    Rata-rata orang introvert adalah orang yang produktif dan memanfaatkan waktunya untuk hal-hal yang berkualitas untuk dirinya. Bukan berarti mereka malas bergaul atau nggak asyik. Mereka hanya nggak ingin waktunya terbuang sia-sia untuk hal yang kurang diperlukan mereka. Mungkin untuk orang ekstrovert, bersenang-senang bersama banyak orang dengan berpesta atau nongkrong adalah hal yang membahagiakan untukk dirinya, tapi bagi orang introvert, memanfaatkan waktunya untuk sesuatu yang bermanfaat adalah hal yang membuat hatinya senang. Memuji karyanya di saat kebanyakan orang lain tidak menyadarinya adalah cara terbaik untuk membuat seorang introvert akan terbuka dan bercerita panjang lebar padamu. Inilah yang akan membuka cerita pertemanan kalian.

    Baca juga:

     

    Jangan ganggu ‘lingkaran’ yang ia miliki sejak dulu

    Tapi maksudnya nggak kayak gini juga sih
    Tapi maksudnya nggak kayak gini juga sih

    Orang introvert adalah orang yang tidak mudah nyaman dengan orang yang mengganggu ‘lngkarannya’. Ada momen-momen dimana introvert tidak ingin diajak ngobrol sama sekali kecuali karena itu penting. Tapi terlebih dari itu semua, jangan sampai kamu mengganggunya di saat dia melakukan hal yang menyenangkan bagi dirinya. Ia akan dengan mudah menilaimu sebagai seorang pengganggu ulung karena merusak kebahagiaannya.

    Kalau belum dekat sekali, jangan meminta ia melakukan apa yang tidak ia sukai yang bertentangan dengannya

    Karena dia akan menolakmu dengan gerakan yoga dan itu akan awkward
    Karena dia akan menolakmu dengan gerakan yoga dan itu akan awkward

    Apalagi ini. Jangan pernah paksa dia untuk menonjol saat pesta, seperti memaksanya menari, berjiingkrak-jingkrak, atau melakukan hal lain yang menantang bagi dirinya. Tapi, jika kamu sudah sangat dekat dengan seorang introvert, dia akan menjadi seorang sahabat yang manis dan baik hati. Dia bahkan bisa jadi orang pertama yang rela berkorban untuk melakukan hal yang tak dapat kamu lakukan.

    Baca juga:

     

    Jangan ingkar janji

    Ooohh... kamu kayak gitu..
    Ooohh… kamu kayak gitu..

    Introvert sangat benci dikhianati. Ketika kamu bisa berteman dengannya, itu artinya dia sudah menaruh kepercayaan kepadamu. Jadi jangan sampai kamu menyakiti perasaannya hanya dengan ingkar janji. Satu-dua kali kamu ingkar mungkin masih tidak masalah, namun kalau kamu berulang kali melakukannya, mungkin dia tidak akan marah, hanya saja ia akan tiba-tba saja menarik diri dari pertemanan denganmu karena dirasa tak berguna lagi.

    Introvert juga butuh teman, tapi sedikit saja agar berkualitas, maka dari itu kamu harus memberikan ‘nilai lebih’ padanya

    Yang penting deket
    Yang penting deket

    Itulah prinsipnya. Ia memang tidak menyukai punya banyak teman karena buang-buang waktu. Ia hanya menginginkan hubungan pertemanan yang berkualitas tanpa harus ada rasa khawatir akan pandangan banyak orang. Nggak perlu banyak-banyak, asal teman yang ia miliki sungguh-sungguh berkualitas. Teman yang berkualitas bagi introvert adalah teman yang bisa diajak berbagi bahkan hal-hal yang ada di dalam hatinya, dan mampu membuatnya untuk mendukungmu secara positif karena kamu telah melakukannya seebelumnya.

    Begitulah, mungkin bagi kamu yang ekstrovert, menambah teman sama mudahnya seperti menambah teman di media sosial. Namun bagi introvert, menambah teman itu ibaratkan menambah emas yang harus melalui proses panjang yang nggak seembarangan. Dengan memahami seorang introvert, kamu juga akan mendapatkan manfaat kok dan bisa belajar darinya!

    Baca juga:

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here