Home Budaya Tembi Kampung Simbol Budaya yang Harus Terus Dipertahankan

Tembi Kampung Simbol Budaya yang Harus Terus Dipertahankan

0
SHARE
Tembi Kampung Simbol Budaya yang Harus Terus Dipertahankan
Tembi Kampung Simbol Budaya yang Harus Terus Dipertahankan

Tembi adalah sebuah nama kampung. Namun kini, nama itu justru menjadi brand yang melekat pada sebuah rumah budaya. Rumah Budaya Tembi, demikian nama lembaga ini. Tembi pun kemudian dipilih sebagai simbol kultural yang merepresentasikan keseluruhan lembaga yang sekaligus sebagai ikon dan brand image.

Tembi merupaKan lembaga kebudayaan yang bergerak di bidang pelestarian dan pengembangan kebudayaan. Namun, bukan hanya kebudayaan Jawa yang disentuh, karena Jawa hanyalah salah satu dari keberagaman budaya. Dalam konteks ini, kata Ons Untoro, koordinator lembaga ini, kebudayaan dimengerti dalam dua dimensi. Pertama, kebudayaan sebagai sistem warisan dari sebuah produk masa lalu. Kedua, kebudayaan sebagai sistem produksi, karena setiap zaman mempunyai kewajiban memproduksi simbol-simbol kebudayaan lain yang sesuai dengan jiwa zamannya.

Sejumlah bangunan berarsitektur Jawa menjadi pusat kegiatan lembaga ini. Sesuai dengan salah satu misinya, yaitu menjadikan Rumah Budaya Tembi sebagai laboratorium seni dan budaya, lembaga ini memiliki kegiatan utama yang di-break down dalam beragam kegiatan dengan mengambil spirit kerja Berkelana ddlam Sejarah Budaya. “Bentuk kegiatannya terbagi tiga bidang: dokumentasi, public service, dan penelitian atau kajian budaya,” tutur Ons Untoro. Misalnya membuat dokumentasi beragam pertunjukan kesenian, seperti angguk, jathilan, dan kesenian lain yang tidak begitu populer. Tembi juga memberi perhatian terhadap situs-situs kebudayaan yang tidak terkenal. Alasannya, situs-situs terkenal, seperti Candi Prambanan, Borobudur, Boko misalnya, sudah ada yang mengurusi. Untuk itu,Tembi tidak ikut ambil bagian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here