Home Hiburan Hati-hati! Pria Ini Menguji Apakah Benar Facebook Mampu Menyadap Percakapannya untuk Iklan,...

Hati-hati! Pria Ini Menguji Apakah Benar Facebook Mampu Menyadap Percakapannya untuk Iklan, dan Ternyata …

0
SHARE

Akhir-akhir ini merebak rumor bahwa facebook memanfaatkan akses ke microphone smartphone untuk menangkap pembicaraan dan kemudian menjadikannya sebagai kunci untuk menampilkan iklan di laman lini masa facebook kita. Mendengar isu itu, seorang pria dengan aku Youtube bernama Neville bereksperimen untuk membuktikan kebenaran rumor tersebut.

Dengan menggunakan iPhone milik istrinya, Neville sebelumnnya tidak pernah membicarakan topik tertentu. Lalu kemudian, ia dan istrinya memutuskan untuk membicarakan kucing sementara iPhone-nya diletakkan di tempat yang masih bisa mencakup pembicaraan mereka. Dan benar, dua hari kemudian iklan mengenai makanan kucing muncul di lini masa facebook mereka.

 

Sebenarnya banyak juga YouTubers yang sudah mencoba bereksperimen dengan hal ini. Rata-rata memang menunjukkan hasil yang valid bahwa facebook benar-benar mendengarkan pembicaraan mereka. Beberapa menganggap bahwa apa yang dilakukan oleh facebook ini bukanlah pelanggaran privacy, karena kecenderungan sebagian besar orang akan mengizinkan Facebook untuk mengakses microphone mereka pada saat instalasi awal. Kalimat yang biasa muncul adalah semacam ini: “Allow Facebook to access your microphone?” Maka sebagian besar tanpa pikir panjang akan memilih allow tanpa mengetahui dampaknya.

Sebagian besar orang juga pada akhirnya tetap terusik, karena mereka juga beranggapan bahwa izin akses pada mic smartphone bertujuan untuk menangkap suara saat video call messenger.

Terlepas dari pro-kontra mengenai kemampuan facebook ini, jika kamu merasa keamanan privasimu terganggu tapi tetap ingin menggunakan faceook, cara paling mudah adalah dengan meng-uninstall facebook dan menginstallnya lagi, lalu tidak mengizinkan permintaan akses ke microphone. Cara lainnya adalah dengan masuk ke pengaturan keamanan dan mengurangi pemberian akses ke microphone. Kamu juga sebaiknya mengecek ulang akses yang kamu berikan kepada sebagian besar aplikasimu. Terutama jika kamu menemukan aplikasi asing, sebaiknya kamu segera uninstall aplikasi tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here