Home Hiburan 9 Tokoh Kartun Tertua yang Pernah Dibuat di Dunia

9 Tokoh Kartun Tertua yang Pernah Dibuat di Dunia

0
SHARE
10 Tokoh Kartun Tertua yang Pernah Dibuat di Dunia
10 Tokoh Kartun Tertua yang Pernah Dibuat di Dunia

Buat kamu yang lahir dari generasi 60-90-an, mungkin nggak akan asing dengan tokoh-tokoh kartun terpopuler di dunia ini. Kehadiran mereka, meskipun sudah sangat lama, rupanya sudah mewarnai masa kanak-kanak manusia selama 4 generasi. Mungkin sebagian dari kamu juga merindukan kehadiran mereka ke dalam kehidupan kamu. Inilah 10 tokoh kartun tertua di dunia.

Felix si kucing

Warna hitam dan putihnya menjadi khas yang melekat pada dirinya
Warna hitam dan putihnya menjadi khas yang melekat pada dirinya

 

‘Felix the Cat’ ini dilahirkan pada tahun 1919 oleh Otto Mesmer dan rekannya Pat. Bisa jadi Felix si kucing ini adalah salah satu tokoh yang menginspirasi Doraemon. Felix memiliki tas kecil yang bisa mengeluarkan barang apa saja yang dibutuhkan sewaktu-waktu. ‘Felix the Cat’ menjadi salah satu tokoh yang amat populer pada era tayangan diam (tanpa dialog/ dubbing). Tokoh ini hingga akhir tahun 50-an berhasil diproduksi ke dalam animasi oleh Joe oriolo dengan durasi total 264 menit dan ditayangkan pada Trans-Lux TV.

Mickey Tikus

Never forget what the spirit of Christmas truly is about!🐭❤🎄

A post shared by Mickey Mouse (@magical_mickey_mouse) on

Dibandingkan seniornya, Felix, Mickey Tikus menjadi salah satu karakter Disney tertua yang paling dikenal sepanjang masa, bahkan hingga kini. Kelahirannya pada 1928, dihitung bersamaan dengan saat gambar pertama Mickey dibuat. Sebenarnya Mickey memiliki nama asli ‘Mortimer’, tapi akhinya nama ‘Mickey’ diberikan oleh Lillian Disney, istri dari Walt Disney. kebayang nggak sih kalau sebenarnya Mickey namanya ‘Mortimer si Tikus’? Hmm… Kayaknya nggak bakal sesukses sekarang kali ya?

Popeye

Siapa yang suka bayam gara-gara nonton Popeye?
Siapa yang suka bayam gara-gara nonton Popeye?

Kartun ini adalah kartun yang paling sukses membuat anak-anak suka makan bayam. Karakternya pertama kali dibuat dalam komik baris pada tahun 1929. Kemudian serial animasi pertamanya dibuat pertama kali pada tahun 1933 oleh studio Max Fleicher lalu dilanjutkan oleh Paramount Pictures.

Donald Bebek

#goodmorning 😫

A post shared by Donald Duck (@donaldduck) on

Ada yang lucu lagi dari Disney, yaitu si Donald Bebek. Yang membuatnya lucu lagi adalah, Donal Bebek ini punya nama lengkap, yaitu ‘Donald Fauntleroy Duck’.Donald bebek digambarkan sebagai bebek pemarah, cerewet, dan terkenal dengan baju pelautnya yang berwarna biru tanpa celana. Tapi kalau adegan mandi selalu pakai handuk. Donald bebek dilahirkan pada tanggal 9 Juni 1934.

Daffy si Bebek Hitam

Dia terkenal sebagai bebek yang cerdas juga lho!
Dia terkenal sebagai bebek yang cerdas juga lho!

Tokoh yang satu ini mungkin sebenarnya damai-damai saja kalau tokoh di bawah ini (Bugs) nggak diciptakan. Tahun 1937, Duffy diciptakan oleh Tex Avery dan dianimasikan oleh Bob Clampett. Permasalahan yang membuatnya stress adalah kehadiran bugs yang mengahruskannya menjadi rivalnya. Padahal Bugs sendiri baru diciptakan 3 tahun setelahnya.

Bugs si Kelinci

Lucu banget kan ya?
Lucu banget kan ya?

“Halo dok?” dan kamu akan membayangkan sosok kelinci nakal nan sombong berwarna abu-abu. Kelinci ini menjadi tokoh ikonik bagi serial kartun Looney Toons. Pertama kali muncul tahun 1940, karakter yang diciptakan oleh Leon Schlesinger ini langsung menarik perhatian, ditambah dengan pembawaan suara yang lucu oleh Mel Blanc.

Walk of Fame-nya si Bugs nihhh
Walk of Fame-nya si Bugs nihhh

Mungkin karena keangkuhannya yang bikin gemes, Bugs adalah satu-satunya tokoh kartun yang memiliki ‘Walk of Fame’ di Hollywood.

Tom & Jerry

Nakal banget deh
Nakal banget deh

Kalau dulu waktu kecil kamu menikmati adegan kejar-kejaran dari kucing dan tikus yang konyol ini lalu tertawa terbahak-bahak, maka masa kanak-kanakmu terselamatkan. Ini adalah salah satu tokoh kartun yang tua yang dibuat oleh William Hanna dan Joseph Barbera untuk MGM (yang ada singanya itu) tahun 1940. Hingga saat ini Tom & Jerry masih menjadi karakter kartun yang paling dicintai anak-anak pada zaman lampau.

 

Fred Flinstone

Termasuk salah satu yang paling gampang dicosplay nih
Termasuk salah satu yang paling gampang dicosplay nih

Masih ingat dengan suara kaki yang terbirit-birit ketika si Flinstone ini mengendarai mobilnya? Ini adalah salah satu cuplikan yang mungkin begitu membekas di benakmu. Frederich joseph Flinstone adalah karakter yang diciptakan oleh William Hanna dan Joseph Barbera pada tahun 1960.

Scooby-Doo

Kocak daahhh
Kocak daahhh

Siapa yang nggak suka dengan anjing besar bersuara aneh yang bisa berbicara dengan bahasa manusia ini? Scooby-Doo adalah karakter tua yang awet sampai bergenerasi-generasi lamanya. Masih dari tangan kreator yang sama dengan pembuat Fred Flinstone, Hanna-Barbera menciptakan Scooby-Doo pada tahun 1969. Hmm..ternyata lama juga ya selisih waktunya?

Gimanaaa? malah jadi kangen sama mereka? Hahaha.. Nah kalau kau kangen buruan deh tontonin lagi serial kartun mereka yang jadul abisss.. Terus ngeliat lagi kekocakan yang mereka buat. Kamu juga bisa lhoh nyari komik bekasnya mereka. Nggak ada salahnya kan ya buat nostalgia?

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here