Home Edukasi 7 Kebiasaan yang Harus Dimulai dari Sekarang untuk Lebih Produktif di Tahun...

7 Kebiasaan yang Harus Dimulai dari Sekarang untuk Lebih Produktif di Tahun 2018

0
SHARE
7 Kebiasaan yang Harus Dimulai dari Sekarang untuk Lebih Produktif di Tahun 2018
7 Kebiasaan yang Harus Dimulai dari Sekarang untuk Lebih Produktif di Tahun 2018

2018 sudah tiba dan kamu merasa masih gitu-gitu aja? Wake up! Ini saatnya untuk benar-benar berubah dan menjadi manusia yang lebih berguna di tahun ini! Lakukan 7 kebiasaan ini MULAI SEKARANG supaya kamu nggak menya-nyiakan hidupmu!

Mulai buat jadwal harianmu

Tulis dengan rinci yaa
Tulis dengan rinci yaa

Terutama buat kamu yang masih muda, buat hari-harimu berpola. Seseorang bisa sukses apabila melakukan segala sesuatu yang terpola dan diulang terus-menerus. Begitu pula ketika kamu membuat jadwal harianmu. Mulai dari pagi sampai malam, kamu sudah harus mulai menyadari apa saja yang kamu lakukan dalam sehari. Jangan-jangan selama ini kamu hanya menghabiskan waktu untuk bersenang-senang atau bermalas-malasan? Nah sortirlah beberapa kegiatanmu yang sebenarnyabisa dimanfaatkan lebih atau untuk istirahat. Sadari setiap waktu yang kamu habiskan tidak akan mengulang kembali.

Baca juga:

Memahami tujuan hidup dan mimpimu, lalu menuliskannya

Berlarilah dengan tujuan yang pasti
Berlarilah dengan tujuan yang pasti

Semua manusia diciptakan ke dunia ini untuk bahagia. Tapi untuk mencapai kebahagiaan kamu harus bekerja keras. Tidak ada ceritanya seorang pemalas akan hidup bahagia. Bahkan seorang pangeran pun harus tekun belajar dan berlatih keras agar layak memperoleh bagian dari tahta. Apalagi kamu yang hanya rakyat jelata. Muali tahun in I kamu harus benar-benar tahu apa mimpi yang harus diwujudkan agar kamu bahagia. Jangan takut dan perjuangkan. Niscaya semesta akan mendukungmu selama kamu nggak pernah menyerah.

Membuat target harian

Buatlah target harianmu terpenuhi
Buatlah target harianmu terpenuhi

Dalam upaya menggapai mimpi yang begitu besar, kamu juga harus menyelesaikan ‘misi-misi’ kecil supaya kamu mencapai mimpi besarmu itu. Buatlah target harian yang bagaikan batu bata yang disusun rapi untuk membangun sebuah gedung impian yang megah. Jika kamu memilki mimpi besar, namun nggak punya target harian, sama saja kamu membangun mimpi yang kosong. Ingin memiliki gedung tapi nggak pernah menyusun bata. Maka target harian amatlah penting.

Fokus pada tujuan besarmu

Karena yang fokus itu lebih indah
Karena yang fokus itu lebih indah

Ketika kitabermimpi akan muncukl berbagai distraksi dari keinginan-keinginan non-urgnt lainnya yang hanya memenuhi kebahagiaanmu secra temporal. Kamu harus yakin dengan tujuanmu dan fokus. Ingat, orang hanya bisa sukses jika ia menjadi ahli pada satu bidang saa. Nggak ada ceritanya seorang professor bisa menguasai berbagai bidang sekaligus. Ia dinamakan professor karena tekun mempelajari satu hal yang khusus seumur hidupnya. Begitupun kamu. Kamu hanya bisa sukses kalau kamu fokus hanya pada tujuan besarmu.

Baca juga:

Berteman dengan mereka yang berenergi positif

Bersenang-senanglah dengan teman-teman yang baik!
Bersenang-senanglah dengan teman-teman yang baik!

Semakin bertambah usiamu, kamu harus semakin selektif dalam memilih teman. Saat ini kamu nggak bisa berteman dengan semua orang, karena ketika kamu dewasa, yang ada kebanyakan adalah ‘kepentingan’ bukan murni ‘persahabatan’. Menyadari hal ini, tentu akan makin sulit menemukan sahabat sejati dalam hidupmu. Maka kamu setidaknya bisa mengurangi dampak buruk dengan berteman bersama mereka yang selalu bersikap positif. Supaya merkea terus bisa mendukung kamu, sekalipun secara tidak langsung, untuk mencapai tujuanmu. Bergaullah dengan orang-orang sukses dan bertemanlah dengan mereka secara ikhlas.

Refleksi tiap hari

Diam, menuliskan, dan merenungkan segalanya itu penting
Diam, menuliskan, dan merenungkan segalanya itu penting

Apa itu refleksi? Cara paling mudah adalah dengan menulis buku harian tiap malam. Terkesan girly? Tidak sama sekali! Sebagian besar orang sukses memiliki jurnal atau buku harian mengenai kehidupannya. Di sana mereka mempertanyakan, nilai apa yang mereka dapat tiap harinya. Lalu memetic maknanya, dan kemudian mempertanyakan apa yang dapat mereka lakukan untuk mencpai hari yang lebih baik keesokannya. Cara ini juga akan menambah kecerdasanmu dan mengasah daya ingatmu jadi lebih tajam. Maka kesuksesan pasti akan menantimu ke depannya.

Rajin berdoa dan istirahat yang cukup

Berdoa membuat jalanmu lebih mulus
Berdoa membuat jalanmu lebih mulus

Segala apa yang kamu lakukan tidak pernah terlepas dari penyelenggaraan Ilahi. Kamu harus menyadari itu. Bahwa semua yang kamu lakukan itu atas rencanaNya. Maka bersyukurlah ketika kamu mampu menjalani hari-harimu dengan bahagia dan mohonlah anugerah ketekunan dan kesabaran agar kamu bisa meraih apa yang ingin kamu tuju. Selama tujuanmu baik, Tuhan akan mengabulkannya. Tentu saja, baik menurut rencanaNya bisa jadi berbeda dengan baik menurut rencanamu. Maka kamu harus berpasrah dan beristirahat ketika tiba waktunya beristirahat.

Sudah siap berubah menjadi pribadi yang lebih baik di tahun 2018 ini? Ayok mulai dari sekarang dan jangan buang-buang waktumu lagi. Dunia nggak akan menunggumu yang bermalas-malasan untuk menyongsong masa depan yang lebih baik. Jangan sia-siakan waktumu ya!

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here